RATUPERIH

RATUPERIH
#RATUPERIH Adalah komunitas sosial media publik berlandaskan seduluran selawase mengutamakan kepentingan keluarga "POKOK,E HORE RAME RAME" Endel di komentar facebook inbox dan WA sewajarnya

6 Trik Psikologi Ini Bakal Bikin Kamu Lebih Dipercaya Orang Lain

Sederhana tapi efektif untuk mendapat kepercayaan seseorang

Kepercayaan adalah hal yang sangat sulit dilakukan semua orang karena kepercayaan tidak bisa dibangun dalam satu malam. Itu sebabnya orang cenderung curiga dan tidak percaya siapa pun yang mereka temui meski sudah lama saling kenal. Tetapi dalam ilmu psikologi, ada beberapa trik yang terbukti untuk membuat orang lain percaya pada dirimu. Trik-trik sederhana inilah yang justru memberi dampak dan stimulasi besar bagi orang lain hingga mereka bisa mempercayai seseorang. Yuk simak trik-trik berikut!

1. Menunjukan ketertarikanmu pada apa yang orang lain ceritakan akan membuatnya lebih terbuka tentang dirinya

Sering kali, ketika 2 orang terlibat dalam percakapan, salah satu menunggu orang lain menyelesaikan cerita apa pun yang diceritakan. Kemudian, kita balik menceritakan kisah kita sendiri. Namun, cobalah untuk tidak fokus pada diri sendiri. Ajukanlah pertanyaan tentang ceritanya dan tunjukkan ketertarikan yang besar pada lawan bicaramu. Hal tersebut merupakan suatu hal yang membuat orang lain dapat menceritakan kehidupannya lebih kepadamu sebagai pendengar yang baik. Tentu ketika seseorang dapat terbuka denganmu, ia bakal lebih mempercayaimu, bukan?

2. Lakukan kontak fisik sederhana dengan lawan bicara yang dapat memberi rasa kedekatan

Ketika berbicara dengan seseorang, meski kamu tak dekat dengan mereka, lakukanlah kontak fisik sederhana. Karena sebuah sentuhan kecil juga bisa membangun kepercayaan yang kuat. Contohnya, seperti melakukan jabat tangan, tepuk pundak, atau menyapa dengan cium pipi dan rangkulan. Salah satu penelitian psikologi dari Sander L Kool menunjukan bahwa melakukan kontak fisik pada lawan bicara dapat memberikan efek lebih dekat dan intim. Tentu saja ketika kita sudah meresa dekat dengan seseorang tak ada batasan lagi untuknya tidak mempercayaimu.

3. Ceritakan rahasiamu terlebih dulu hingga seseorang dapat percaya bahwa mereka kamu anggap spesial

Mengungkapan diri kita dulu mungkin merupakan salah satu trik yang efektif untuk membuat orang lain mempercayai kita. Dalam studi di Universitas California, ketika kita berbagi beberapa rahasia pribadi dengan orang lain, mereka akan merasakan kekhawatiran yang sama kamu rasakan. Disisi lain, mereka akan merasa spesial dan lebih dekat denganmu juga. Ini berarti mereka juga dapat mengungkapkan rahasianya setelah itu. Hal tersebut pun akan membuat kita lebih dipercaya seseorang karena rasa saling berbagi dan menjaga rahasia pribadi.

4. Mengakui kesalahan dan meminta maaf dapat menunjukan rasa hormat dan percaya karena kamu menyesali perbuatanmu yang salah

Metode lain yang efektif tetapi sering dilupakan untuk membangun kepercayaan orang lain adalah dengan meminta maaf. Bahkan jika sesuatu itu bukan sepenuhnya salahmu, tetaplah menunjukan rasa menyesal. Misalnya saja, dengan mengatakan, "Saya minta maaf tentang macet jalanan tadi sehingga terlambat”. Ketika kamu menyatakan empati dan menyesal bahwa sesuatu yang buruk telah terjadi, itu akan membuat mereka merasa berempati lebih, hormat, dan mempercayai kamu sepenuhnya.

5. Melakukan “Mirroring” pada lawan bicara dapat membuat mereka merasakan sebuah kesamaan

Strategi ini disebut mirroring yaitu meniru perilaku orang lain secara halus dalam percakapan. Saat berbicara dengan seseorang, cobalah meniru bahasa tubuh, gerakan, dan ekspresi wajah mereka. Para peneliti di Universitas New York pun mendokumentasikan "efek mirroring" saat seseorang secara sadar meniru perilaku satu sama lain dalam sebuah interaksi. Faktanya, mimikri itu dapat membuat seseorang merasa satu dan menyukaimu, lho. Tentu, bukan hal yang sulit jika seseorang secara tidak sadar sudah merasa seragam dengan dirimu dan akan mempercayaimu setelahnya.

6. Mengekspresikan opinimu tentang mereka dengan jujur dapat membuat seseorang merasa dipahami

Semua orang ingin merasa dipahami oleh orang lain. Kita semua mencari konfirmasi atas pandangan kita, baik positif atau negatif. Dalam sebuah studi di Universitas Stanford, seseorang cenderung ingin mengetahui persepsi positif dan negatif tentang diri mereka saat berinteraksi dengan orang lain.

Penelitian lain pun menunjukkan bahwa ketika kepercayaan orang tentang kita selaras dengan keadaan yang sesungguhnya, maka hubungan mereka akan menjadi lebih dekat. Hal itu terjadi karena kita akan merasa dimengerti seseorang dimana itu merupakan komponen penting dalam menjalin keintiman. Itu pun berarti mereka akan mempercayaimu lebih lagi karena mereka menghargai opini jujurmu sebelumnya.

Trik-trik psikologi di atas merupakan trik sederhana saat kamu ingin mendapat kepercayaan lebih dari seseorang yang kamu temui. Entah untuk urusan bisnis, hubungan, maupun percakapan sederhana, coba deh terapkan 6 trik tersebut dan lihat hasilnya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel